THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 24 Maret 2011

::Jawaban Mata KUliah Cyber Communication::

  1.  Apa yang anda ketahui dengan communication of cyber community?
  2. Sebutkan point penting apa yang mendorong percepatan munculnya cyber community?
  3. Sebutkan contoh riil ciber community?
  4. Apa yang disebut sebagai one to one communication dan apa pula yang disebut dengan one to many communication . Sebutkan masing-masing contohnya?
  5. Jelaskan beberapa hal tentang blog komunikasi anda
    1. Tema yang ingin anda angkat di weblog anda. Jelaskan
    2. Informasi apa yang anda muat di weblog anda. Mengapa?
    3. Tujuan apa yang ingin anda capai dengan weblog anda itu?
    4. Bentuk komunikasi seperti apa yang menarik dari weblog anda?
    5. Jelaskan mengapa anda memilih warna, desain, dan tampilan weblog anda seperti saat ini?
  6. Apa yang disebut sebagai global village dalam konsep cyber communication? Berikan contoh Jawaban::  
1.  Community, masyarakat adalah kelompok-kelompok orang yang menempati sebuah wilayah (territorial) tertentu, yang hidup secara relative lama, saling berkomunikasi, memiliki symbol-simbol dan aturan tertentu serta system hukum yang mengontrol tindakan anggota masyarakat, memiliki system stratifikasi, sadar sebagai bagian dari anggota masyarakat tersebut serta relative dapat menghidupi dirinya sendiri.
Ø  Penemuan dan perkembangan teknologi Informasi dalam skala massal, telah mengubah bentuk masyarakat manusia dari masyarakat dunia local menjadi masyarakat dunia global, sebuah dunia yang sangat transparan terhadap perkembangan informasi, transportasi, serta teknologi yang begitu cepat dan begitu besar mempengaruhi peradaban umat manusia, sehingga dunia juga dijuluki The Big Village, yaitu sebuah desa yang besar yang di mana masyarakatnya saling mengenal dan saling menyapa satu dengan yang lainnya seperti layaknya kehidupan yang berkembang di desa.
Ø  Masyarakat global itu jjuga merupakan suatu kehidupan yang memungkinkan komunitas manusia menghasilkan budaya-budaya bersama, menghasilkan produk-produk industri bersama, menciptakan pasar bersama, pertahanan militer bersama, mata uang bersama bahkan menciptakan perang dalam skala global disemua lini.
Ø  Secara materi mampu mengembangkan ruang gerak kehidupan baru bagi masyarakat sehingga tanpa disadari , komunitas manusia telah hidup dalam dua dunia kehidupan masyarakat , yaitu masyarakat nyata dan masyarakat maya (cybercommnunity)
Ø  Masyarakat nyata adalah kehidupan masyarakat yang secara indrawi dapat dirasakan sebagai sebuah kehidupan nyata, dimana sebuah kehidupan nyata di mana hubungan-hubungan sosial sesama anggota masyarakat di bangun melalui penginderaan (dapat diraba, dilihat, dicium, didengar dan dirasakan, oleh panca indera)
Ø  Masyarakat maya, adalah sebuah kehidupan masyarakat manusia yang tidak dapat secara langsung di indera melalui penginderaan manusia, namun dapat dirasakan  an disaksikan sebagai sebuah realitas.
Ø  Kemajuan teknologi informasi inilah yang telah mengubah dunia maya yang terdiri dari berbagai macam gelombang magnetic dan gelombang radio, serta sifat kematerian yang belum di temukan manusia, sebagai sebuah ruang kehidupan baru yang sangat prospektif bagi aktivitas manusia yang memiliki nilai efisiensi yang sangat tinggi.
Ø  Awalnya Masyarakat maya adalah sebuah fantasi manusia. Fantasi tersebut adalah sebuah hiper-realitas manusia tentang nilai,citra,dan makna kehidupan manusia sebagai lambang dari pembebasan manusia terhadap kekuasaan materi dan alam semesta.
Ø  Sebagai ciptaan manusia, maka masyarakat maya menggunakan seluruh metode kehidupan masyarakat nyata sebagai model yang dikembangkan di dalam segi-segi kehidupan maya. Seperti membangun interaksi sosial dan kehidupan kelompok, membangun stratifikasi sosial, membangun kebudayaan, membangun pranata sosial, membangun kekuasaan, wewenang dan kepemimpinan membangun system kejahatan juga control sosial.
Ø  Masyarakat maya membangun dirinya dengan sepenuhnya mengandalkan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan kelompok (jaringan) intra dan antar sesama anggota masyarakat maya.
Ø  Proses sosial dan interaksi sosial  dalam masyarakat maya ada yang bersifat sementara dan  ada dalam waktu yang relative lama dan menetap. Sifat dan iinteraksi sosial mereka ditentukan oleh kepentingan mereka dalam dunia maya.
Ø  Interaksi sosial sementara , terjadi pada anggota masyarakat yang sepintas lalu ingin “jalan-jalan” dan hanya bermain didunia maya melalui browsing dan chatting, atau search misalnya untuk keperluan pencarian data tugas, data umum dan sebagainya.
Ø  Interaksi sosial dan kehidupan kelompok yang berlangsung cukup lama antara sesama anggota masyarakat maya lainnya. Pengguna internet yang ini disebut netter yang setiap saat berada dalam dunia maya. Mereka bergaul, menyapa, bercinta, berbisnis, belajar dan bahkan berbuat criminal dalam mayarakat maya, namun mereka tidak menetap di sana karena tidak memiliki rumah sebgai alamat mereka.
Ø  Kebanyakan dari anggota masyarakat menjadi penduduk tetap dalam masyarakat tersebut dengan memiliki alamat dan “rumah” di sana dengan status penyewa atau pemilik. Mereka ini yang memiliki e-mail, website atau bahkan provider. Secara kontinyu memanfaatkan alamat dan rumah mereka untuk berinteraksi dengan sesama anggota masyarakat guna berbagai kebutuhan.
Ø  Masyarakat maya dibangun melalui interaksi sosial sesame anggota masyarakat  maya. Syarat-syarat interaksi sosial dalam  masyarakat nyata harus memiliki social contact dan communication. Persyaratan ini juga menjadi substansi utama dalam kehidupan sosial mayarakat maya. Hubungan yang di bangun dalam jaringan-jaringan computer, frekuensi radio, antena atau modem sesungguhnya adalah hubungan-hubungan sosial yang dibangun oleh anggota masyarakat untuk saling berinteraksi sedangkan mesin-mesin itu hanyalah media yang mereka gunakan.
Ø  Salah satu ciri masyarakat adalah menciptakan kebudayan dalam masyarakat maya, kebudayaan yang di kembangkan adalah budaya-budaya pencitraan dan makna yang setiap saat di pertukarkan dalam interaksi simbolis.
Ø  Budaya ini sangat subjektif atau lebih objektif lagi apabila disebut intersubjektif yang sangat didominasi adalah creator dan imajinater yang setiap saat mencurahkan pemikiran mereka dalam tiga hal secara terpisah.
2.Penggunaan teknologi informasi seperti televisi, internet, dan telefon seluler oleh masyarakat merupakan basis bagi munculnya masyarakat cyber. Perangkat teknologi informasi tadi mendorong revolusi terbentuknya masyarakat cyber. Kehadiran masyarakat tersebut sesungguhnya sudah diwartakan para ahli jauh-jauh hari. Namun, realitasnya baru benar-benar dirasakan masyarakat Indonesia ketika sejumlah kasus tadi mengemuka.
3. seperti koin solidaritas untuk Prita, solidaritas Bibit-Chandra, serta pembobolan rekening sejumlah nasabah bank, menjadi penanda datangnya sebuah "masyarakat baru". Disebut masyarakat baru karena peristiwa-peristiwa tersebut berlangsung dalam cara, situasi, dan realitas yang baru. Koin solidaritas untuk Prita misalnya, terbentuk melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter. 
4.one to one communication: adalah tindakan dari individu berkomunikasi dengan yang lain. Dalam istilah internet, hal ini dapat dilakukan melalui e-mail tetapi komunikasi one to one yang paling khas di Internet adalah pesan instan karena tidak mempertimbangkan komunikasi one to many seperti chat room sebagai bagian penting dari perusahaan lingkup (namun, ini mungkin dapat diperdebatkan sebagai pesan instan termasuk mengumumkan informasi keberadaan, yang dapat dianggap sebagai bagian dari sistem komunikasi many to many).
one to many communication : adalah tindakan dari individu berkomunikasi dengan banyak orang.
dalam istilah internet:Share update status.Dalam dunia nyata:Berpidato,Radio,Televisi,Orasi,Seminar.
5. 1. Tema yang saya angkat "Yang Muda Yang Berkreasi" mengenai dunia anak muda yang tidak hanya berkecimpung dalam hal bergaul saja mnamun saya mempunyai sudut pandang tentang sudut pandangan muda yang positif seperti bahaya aborsi,prestasi anak negeri agar bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman saya.
  2. 1.informasi bahaya aborsi:Bisa mengetahui dampak dari aborsi dan kita bisa mengetahui dampak secara langsung dari aborsi tersebut.
      2.Prestasi dan kreasi anak bangsa:Saya tergerak untuk menunjukkan prestasi-prestasi anak bangsa yangmungkin kita sendiripun jarang mengetahui informasi tentang bakat-bakat muda mereka.
      3.Koleksi sepatu dan Tshirt terbaru dari Macbeth:Hanya ingin share mengenai prodak terbaru dari macbeth,karena prouk ini yang banyak dicari dari kalangan para anak muda.
      4.Sejenak untuk merenung:Karena untuk bahan perenungan tentang hidup supaya teman-teman dan saya bisa terinspirasi olehartikel tersebut.
     5.Anak Muda Luar Biasa:Mengenalkan anak-anak muda yang berjasa dalam bidang komunikasi,yang munkin saja bisa jadi panutan untuk kaum muda. 
   3.Tujuan saya tidak muluk-muluk saya hanya ingin mengungkap sisi lain dari anak muda yang bisa berprestasi,dan mungkin saja bisa menadi inspirasi bagi yang membacanya.
  4.Komunikasi secara one to many karena teman-teman saya bisa posting komentar di blog saya.atau mungkin mereka bisa sare coment tentang blog saya di Facebook.
  5.Saya tertarik mengunakan Backgroung yang bertuliskan "Yang Muda Yang Kreatif" Background tersebut saya dapatkan dari teman saya yang mendesign logo tersebut,logo tersebut dipakai dalam acara "Latihan Gabungan PMR se surakarta",Logo tersebut menjiwai blog yang saya buat :)
6.GlobalVillage :
 Global Village adalah konsep mengenai perkembangan teknologi komunikasi di mana dunia dianailogikan maenjadih sebuah desa yang sangat besar. Marshall McLuhan memperkenalkan konsep ini pada awal tahun 60-an dalam bukunya yang berjudul Understanding Media: Extension of A Man. Konsep ini berangkat dari pemikiran McLuhan bahwa suatu saat nanti informasi akan sangat terbuka dan dapat diakses oleh semua orang. Pada masa ini, mungkin pemikiran ini tidak terlalu aneh atau luar biasa, tapi pada tahun 60-an ketika saluran TV masih terbatas jangkauannya, internet belum ada, dan radio masih terbatas antardaerah, pemikiran McLuhan dianggap aneh dan radikal.
Desa Global menjelaskan bahwa tidak ada lagi batas waktu dan tempat yang jelas. Informasi dapat berpindah dari satu tempat ke belahan dunia lain dalam waktu yang sangat singkat, menggunakan teknologi internet. McLuhan meramalkan pada saatnya nanti, manusia akan sangat tergantung pada teknologi, terutama teknologi komunikasi dan informasi. McLuhan memperkirakan apa yang kemudian terjadi pada masa sekarang, di abada ke-2o seperti saat ini.
McLuhan memperkirakan pada masa digital dan serba komputer tersebut, persepsi masyarakat akan mengarah kepada perubahan cara serta pola komunikasi. Bagaimana pada saat itu, masyarakat tidak akan menyadari bahwa mereka sedang mengalami sebuah revolusi komunikasi, yang berefek pada komunikasi antarpribadi. Di atas level komunikasi interpersonal yakni komunikasi antara dua-tiga orang, pada masa desa global benar-benar terjadi trend komunikasi akan ke arah komunikasi massa, yakni bersifat massal dan luas. Di mana pembicaraan akan suatu topik dapat menjadi konsumsi dan masukan bagi masyarakat luas, kecuali, tentu saja, hal-hal yang bersifat amat rahasia seperti rahasia perusahaan, rahasia negara, keamanan-ketahanan. Semua orang berhak untuk ikut dalam pembicaraan umum, dan juga berjak untuk mengkonsumsinya, tanpa terkecuali.
McLuhan menyatakan bahwa desa global terjadi sebagai akibat dari penyebaran informasi yang sangat cepat dan massive di masyarakat. Penyebaran yang cepat dan massive ini menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (media massa). manusia pada masa itu akan lebih menyukai komunikasi audiovisual yang ateraktif, informatif, dan menghibur. Bertentangan dengan “kekuatan” teknologi media massa, manusia tidak akan mengagumi internet seperti pada awal kehadirannya di tengah masyarakat, sekalipun Internet dapat menghubungkan satu orang dengan orang lainnya dalam tempat yang berjauhan, menyampaikan banyak pesan ke tempat yang berlainan dalam satu waktu bersamaan. Perkembangan konsep Desa Global. Seiring berjalannya waktu, konsep ini terus berkembang. konsep ini dianggap sesuai dengan keadaan masa kini, yakni teknologi komunikasi, salah satunya adalah internet, terbukti dapat menyatukan dunia. Perkembangan teknologi seperti yang dinyatakan dalam desa global, membawa dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah orang selalu bisa mengetahui kabar terbaru yang terjadi di tempat lain, dapat berkomunikasi dan terhubung walau dalam jarak ribuan mill, mencari dan bertukar informasi. Adapaun dampak negatifnya adalah kecanduan internet, orang tidak dapat hidup tanpa internet, orang yang lebih eksis di dunia maya dibandingkan dunia nyata, yang menggangu hubungan sosialnya dengan orang lain.
Contoh: 
Contoh dampak GlobalVillage bagi masyarakat adalah gempa yang terjadi di Sumatera Barat dapat menimbulkan kesan yang sama pada orang di Bandung atau di Samarinda. Persepsi mereka terhadap pemberitaan media massa akan cenderung sama, yaitu sedih, iba, ingin membantu, dan sebagainya. Hal ini tentunya membawa dampak positif bagi masyarakat, yakni membantu mempercepat masyarakat untuk mendapat informasi terbaru mengenai suatu peristiwa. Media massa juga membantu masyarakat untuk menolong korban gempa di pariaman dan sekitarnya, dengan pemberitaan bantuan untuk korban gempa, seperti "X peduli gempa padang", "dompet amal gempa padang" dan sebagainya. Ada juga dampak negatif dari menjadi nyatanya konsep GlobalVillage ini, yakni siapapun dapat mengakses apapun, misalnya anak kecil yang dapat mengakses berita kekerasan lewat tayangan televisi, atau melihat video porno di internet. Masyarakat sendiri yang harus bisa menyaring apa yang mereka anggap baik mereka. Sedangkan dampak desa global bagi media massa adalah berkembangnya industri media massa, baik media cetak, media interaktif, maupun media elektronik. banyaknya koran dalam bentuk on-line, yang dapat memperbaharui berita, melaporkan kejadian yang baru saja terjadi, langsung ditulisa dan dipublikasikan melalui media interaktif tersebut. selain itu, dampak desa global bagi media massa adalah berkembangnya media massa,tidak hanya sebagai industri yang berujung ekonomi, tetapi juga industri komunikasi dan informasi. Kemunculan teknologi seperti 3G, 4G, Wimax, situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, plurk tidak lepas dari kemunculan GlobalVillage.
Nama: Dian Ratna Sari
NIM : C10033
Komunikasi Massa (Petang)

2 komentar:

EKO RAHARJO mengatakan...

Selamat, anda adalah orang ke dua yang mengirim jawaban. Dan jawaban andapun lumayan baik. namun masih banyak saduran. kemudian hari pakai kata-kata anda sendiri. nan\mun tetap anda dapat bonus nilai. saya kasih anda nilai i\untuk mid kali ini 85

Sahabat Muda mengatakan...

makasih pak eko :)